Kota Penuh Debu

BROWN CANNYON

Amerika memiliki sebuah tebing curam yang pernah digunakan shooting Mission Imposible yang begitu terkenal, yaitu Grand Canyon. Siapa sangka jika di Indonesia juga memiliki tempat yang serupa bernama; Brown Canyon. Brown Canyon merupakan destinasi wisata yang menawarkan pemandangan cantik berupa area perbukitan serta tebing-tebing tinggi yang memperindah panorama.
Brown Canyon yang berada di Semarang sebenarnya merupakan bekas penambangan yang tidak sengaja dibuat menjadi tempat wisata. Setelah tempat penambangan tersebut lama digali, Brown Canyon menjadi salah satu alternatif wisata alam di Semarang, mengingat Semarang merupakan kota besar yang kebanyakan merupakan destinasi wisata sejarah.

Brown Canyon terletak di daerah Rowosari, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah. Destinasi Wisata Grand Canyon dapat dijangkau dari akses manapun, salah satunya wisatawan dapat menggunakan jalur Pasar Meteseh via Tembalang, Kedungmundu, atau RSUD Klipang.
Ternyata Keindahannya Brown Canyon yang sebenarnya berupa tanah urug dan batu padas kerap yang gali selama lebih dari 10 tahun ini mampu menarik para wisatawan baik dari dalam kota maupun luar kota Semarang.
Hal menarik dari Brown Canyon salah satunya adalah kolam dengan bentuk tepian memanjang, kolam ini menjadi salah satu spot yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Karena memang Brown Canyon saat siang hari panas menyengat, sehingga kolam inilah yang keberadaannya menjadi penyegar suasana. Kolam tersebut sebenarnya terbentuk karena genangan air hujan, dan di  musim penghujan debit air biasanya mengisi ceruk besar di celah-celah tebing. Lalu jadilah kolam berwarna kehijauan ini.
Aktivitas seperti fotografi adalah yang tidak boleh terlewatkan saat mengunjungi Brown Canyon, kita bisa berfoto di antara batu-batu menjulang tinggi dan dijadikan sebagai latar belakang. Spot favorit yang digunakan untuk berfoto adalah di sekitar dua tebing kembar.
Waktu terbaik untuk menikmati destinasi wisata Brown Canyon adalah di saat sore hari. Di saat inilah para penambang serta truk-truk telah selesai beroperasi. Dari waktu sore hingga petang, wisatawan bisa menikmati sunset pada sore hari.
Di saat tertentu Brown Canyon juga digunakan sebagai tempat untuk foto session seperti, foto modeling dan prewedding. Perpaduan antara romantisme, senja dan unsur alam bebatuan memberikan nuansa lain untuk momen foto menjelang pernikahan di tempat tersebut.

artikel ini di posting oleh:https://pesona.travel/keajaiban/6039/brown-canyon-semarang-tak-kalah-indah-dengan-grand-canyon


Objek Wisata

1. Kolam Alami Brown Canyon

kolam alami lembah coklat
Salah satu daya tarik dari tempat wisata satu ini yaitu adanya kolam disana.
Kolam tersebut berbentuk tepian yang memanjang serta menjadi lokasi yang sering dipadati oleh para wisatawan. Letak kolam yang berada di tengah batu dan juga pasir menjadi pemandangan yang menyegarkan mata.
Uniknya lagi, kolam tersebut dibuat secara tidak sengaja.
Dulunya, kolam ini berupa ceruk dimana waktu musim hujan tiba, air hujan tersebut mengisi ceruk besar yang ada di celah-celah tebing.
Sehingga jadilah kolam alami berwarna kehijauan tersebut.

2. Alternatif Wisata Alam 

brown canyon demak
Semarang memang terkenal akan wisata sejarah dengan bagnuanan tuanya yang tersebar dimana – mana.
Tetapi, berbeda halnya dengan Brown Canyon.
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, lokasi wisata satu ini sebetulnya bukan tempat yang sengaja tercipta untuk dijadikan sebagai tempat wisata.
Namun tempat satu ini merupakan lokasi proyek galian pertambangan yang sudah ada lebih dari sepuluh tahun.
Tanah urug serta batu padas kerap merupakan komoditi yang digali di kawasan ini.
Dan seiring dengan berjalannya waktu, tebing-tebing bekas dari galian itu kemudian tercipta akibat adanya penyesuaian alam.

3. Pre-Wedding 

tiket masuk brown canyon semarang
Jika kalian menginginkan sesi foto prewedding di tengah tebing, maka kalian dapat melakukannya di tempat wisata yang satu ini.
Pesona dari keindahan relief batu kecokelatan yang ada dapat menjadi hiasan yang ciamik untuk latar belakangan foto kalian.
Selain itu, di kawasan ini juga dihiasi dengan unsur hijau dari tanaman liar yang tumbuh di sekitarnya, sehingga akan menambah unik suasana.
Kombinasi antara unsur alam yang bersatu akan memberikan hasil dari foto pre-wedding kalian lain dari yang lain.
Suasana dari area wisata ini juga biasanya sangat panas dan berdebu ketika waktu siang hari. Tetapi pada waktu tersebut pemandangan eksotis bak Grand Canyon dapat terlihat dengan jelas.
Maka dari itu tidak heran apabila banyak sekali pasangan yang memilih untuk melakukan sesi preweddingnya di sini.
Suhu panas serta berdebu tidak lantas menyurutkan semangat para pasangan untuk membuat momen tidak terlupakan disini.

4. Berburu Foto Ciamik

Alternatif Wisata Alam 
Kegiatan yang tidak boleh kalian lewatkan yaitu berburu spot foto.
Kalian dapat berswafoto diantara bebatuan yang terlihat menjulang besar ataupun foto ditanah lapang yang terlihat seperti gurun sahara.
Adapun spot yang paling banyak dijadikan sebagai background berfoto, yaitu di sekitar dua tebing tinggi yang rata.
Dengan angle yang pas, kalian akan memperoleh foto diri dengan kemegahan alam sekitar yang menawan.

Fasilitas

Sesuai dengan keterangan di atas, bahwasannya tempat wisata yang satu ini bukan merupakan kawasan wisata resmi dari pemerintah maupun swasta. Sehingga, tempat wisata ini belum memiliki fasilitas penunjang yang dapat kalian gunakan ketika berkunjung kesini.
Oleh sebab itu, ada baiknya jika kalian membawa peralatan yang sekiranya akan dibutuhkan di tempat wisata ini nantinya.

artikel ini di posting oleh:https://www.hargatiket.net/brown-canyon/
Lokasi
Brown Canyon berada di alamat: Rowosari, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50279.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Budidaya Ikan Mas Koki

Cara Membuat Ndas Manyung